Jet Tempur Rafale Milik Prancis Senilai Rp 64,9 Triliun Diborong Oleh Mesir

  • Whatsapp
Jet Tempur Rafale Milik Prancis Senilai Rp 64,9 Triliun Diborong Oleh Mesir

Hercules99 –¬†Internasional, Salah seorang yang terlibat dalam kontrak membenarkan laporan jika kedua negara ini tengah menjalani kesepakatan pertahanan rahasia. Dikatakan jika Paris menyetujui untuk menjual 30 unit jet tempur Rafale kepada Mesir.

Dalam sebuah situs investigasi bernama Disclose, mengutip dari dokumen rahasia yang diperolehnya disebutkan jika  presiden Mesir Abdel Fattah El Sissi sudah menandatangi kontrak pertahanan senilai empat miliar euro pada 26 April 2021.

Read More

Dikutip dari laman timesofisrael disebutkan jika kesepakatan itu terdiri dari tiga kontrak berbeda. Namun sejauh ini yang memiliki nilai terbesar ialah pembelian 30 jet tempur Rafale dengan harga 3,75 miliar euro setara dengan Rp. 64,9 triliun bersumber dari produsen di Prancis.

Sementara kedua kontrak lainnya diberikan kepada MBDA dan Safran Electronics and Defense yang memproduksi peralatan rudal. Sehingga volume total transaksi ada 3,95 miliar euro.

Salah seorang narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya juga membenarkan pada AFP jika Mesir telah memesan 30 jet tempur namun tidak menjelaskan secara rinci mengenai biayanya.

Ketika dihubungi oleh pihak AFP, baik kementrian dari Prancis maupun Dassault menolak untuk berkomentar. Namun salah seorang sumber yang juga tidak ingin disebutkan namanya mengatakan telah terjadi diskusi antar pihak Mesir kemudian pengumuman akan segera diumumkan.

Mesir telah mendapatkan pinjaman yang dijamin oleh pihak Prancis dalam melakukan pembelian. Dan porsi keuangan dari perjanjian tersebut sudah ditandatangani pada Senin 3 Mei, dikutip dari disclose.

Dalam hal ini Prancis beranggapan jika Mesir adalah klien utama di industry pertahanannya. Dan Mesir adalah negara pertama yang membeli jet Rafale di 2015 dengan total 24 jet tempur.

Laku Keras

Salah satu bukti kesuksesan industry pertahanan utama Prancis ialah pembelian oleh Qatar, India, dan Yunani. Disclose juga menncatat jika kesepakatan itu terjadi setelah kunjungan kenegaraan ke Paris oleh Sissi yang memicu kontroversi pada Desember 2020 lalu.

Saat ini Mesir dan Prancis tengah menikmati hubungan yang semakin dekat. Karena kecurigaan yang sama terhadap presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan kepentingan yang sama di Timur Tengah.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *