14 BUMN Berpeluang IPO, Analisis: Kompetisi Perusahaan Akan Terus Ditingkatkan

  • Whatsapp
14 BUMN Berpeluang IPO, Analisis Kompetisi Perusahaan Akan Terus Ditingkatkan

Hercules99 – Saham, Sebanyak 14 BUMN alias Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak usaha dari berbagai klaster akan mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dari 14 BUMN itu, diperkirakan dua BUMN disebutkan berpotensi melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada 2021 yaitu PT Pertamina Geothermal Energi dan PT Dayamitra Telekomunikasi atau Mitratel.

Read More

Analisis PT MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana, mengatakan untuk prospeknya akan diperkirakan menarik. Terlebih, pembangunan dan pengembangan infrastruktur saat ini terus berjalan. Seperti yang kita ketahui bersama, Mitratel menguasai bisnis menara telekomunikasi.

PT Pertamina Geothermal Energi atau PGE adalah anak dari BUMN PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang pemanfaatan energi panas bumi.

Sementara PT Dayamitra Telekomunikasi atau Mitrael adalah anak BUMN PT Telkom Indonesia Tbk yang bergerak di bidang infrastruktur dan menara telekomunikasi. IPO kedua perusahaan tersebut akan meraup dana triliunan rupiah.

IPO Mitrael disebut-sebut akan menjadi IPO tersebar hingga menembus USD 1 miliar atau setara Rp.14,5 triliun.

Dengan kebutuhan mobilitas dana dan telekomunikasi saat ini yang semakin meningkat sejak pandemi, dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan oleh perseroan guna mengoptimalkan kinerja ke depan.

Sementara itu, dari IPO PGE akan terkumpul dana hingga 500 juta dolar AS atau setara Rp.7,25 triliun. PGE saat ini berada dalam tahap konsolidasi asset dengan PT PLN Gas & Geothermal dan PT Geo Dipa Energi (Persero), sebelum mencatatkan saham perdana di BEI.

Ini 14 BUMN yang Bakalan IPO

Terkait 14 BUMN yang akan IPO, Herditya Wicaksana menuturkan, rencana BUMN dan anak usaha BUMN masuk BEI (Bursa Efek Indonesia) melalui IPO, akan memperkuat daya saing perusahaan pelat merah tersebut.

Berdasarkan data Kementerian BUMN, sebanyak 14 BUMN dan anak usaha BUMN dari berbagai klaster akan melantai di bursa.

14 BUMN itu diantaranya, PT Pertamina Internasional Shipping, PT Pertamina Geothermal Energi, PT Pertamina Hulu Energi, PT Pertamina Hilir, dan PT Pembangkit Listrik Tenaga Uap.

Lalu, ada PT Indonesia Healthcare Corporation (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT EDC and Payment Gateway (Persero), PT EDC and Payment Gateway (Persero), PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Dayamitra Telekomunikasi, PT Telkom Data Center, PT Inalum Operating, PT MIND ID (Persero), dan PT Logam Mulia.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *