Longsor di Sukabumi Sebabkan Satu Orang Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Longsor di Sukabumi Sebabkan Satu Orang Meninggal Dunia

Hercules99 – Berita, Tanah longsor terjadi di Kampung Awi Lega RT 03 RW 08, Desa Ginanjar, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi pada Sabtu, 1 Mei 2021. Satu orang meninggal dunia dan dua orang luka-luka atas peristiwa ini.

Menurut Hadi Rahmat, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jawa Barat, ketiga orang korban itu adalah Abdul Holik (5) dinyatakan meninggal dunia. Sementara Maman (40) mengalami luka ringan dan Atik (35) mengalami luka berat.

Read More

Penyebab terjadinya longsor adalah hujan dengan intensitas cukup tinggi. Sehingga, pada pukul 16.00 WIB terjadi kejadian tanah longsor.

Hadi menuturkan dampak tanah longsor dengan panjang 30 meter dari ketinggian 100 meter itu, berakibat dua unit rumah rusak berat dan satu unit rumah terancam longsoran.

Hadi menambahkan, satu unit rumah rusak berat milik Bu Atik, empat orang tertimbun longsoran. Kemudian, satu unit rumah milik Pak Ujang Andi mengalami rusak berat serta dua orang terseret longsoran. Ditambah satu unit rumah milik pak Hedi juga menyebabkan tiga orang terancam.

Para Korban Luka Langsung Dibawa ke Puskesmas

Hadi mengaku korban yang meninggal dunia sudah ditemukan, lalu dibawa ke keluarganya di Cihanjawar. Sedangkan untuk korban luka sedang dilakukan  penanganan medis di Puskesmas Ciambar.

Otoritas yang berwenang kini telah memberikan rambu tanda bahaya di area longsor. BPBD Kabupaten Sukabumi terus melakukan pendataan, koordinasi dengan seluruh perangkat desa.

BPBD Provinsi Jawa Barat terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi. Untuk P2BK Ciambar melakukan koordinasi dengan perangkat desa, kecamatan, koramil, polsek dan relawan kebencanaan.

Longsor memang kerap memakan korban karena kedatangannya yang selalu tiba-tiba. Biasanya longsor ini terjadi tatkala tanah yang ada di dataraan atas ambruk ke dataran rendah di bawahnya. Itulah mengapa jangan ada rumah di dekat tanah untuk menghindari kejadian tersebut.

Meskipun begitu, peristiwa alam longsor masih bisa dicegah oleh warga sekitar dan melakukan penanggulangan se-efektif mungkin. Sehingga, tidak akan ada lagi kejadian seperti itu yang akan memakan korban jiwa.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *