Ishinomaki Jepang Dilanda Gempa Magnitudo 6,8

  • Whatsapp
Ishinomaki Jepang Dilanda Gempa Magnitudo 6,8

Hercules99 – Internasional, Gempa magnitude 6,8 melanda pantai timur laut Jepang pada Sabtu, 1 Mei 2021 waktu setempat. Saat itu, tidak ada peringatan tsunami dari gempa tersebut. Bahkan, menurut otoritas Jepang dan Amerika Serikat, tidak ada kerusakaan yang disebabkan oleh gempa.

Survei Geologi AS (USGS), mengatakan bahwa gempa itu terjadi pada pagi hari di kedalaman 47 kilometer di Pasifik, di lepas pantai Ishinomaki, Prefektur Miyagi, dekat pusat gempa besar tahun 2011 yang memicu tsunami serta menewaskan lebih dari 18.000 jiwa.

Read More

Badan Meteorologi USGS dan Jepang mengatakan, guncangan itu terasa di sepanjang bagian pantai timur dan hingga di Ibu Kota Tokyo.

Juru bicara pemerintah daerah, Tomoki Sawata kepada AFP mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan informasi, tetapi belum menerima laporan bila adanya korban luka atau kerusakan.

Tomoki Sawata juga menyebut gempa itu cukup kuat. Akibat gempa, perusahaan kereta api lokal Jepang menangguhkan layanan, termasuk kereta Shinkansen, menurut penyiar publik NHK. Lift di beberapa gedung di Miyagi jugaa berhenti beroperasi.

Efek Gempa Tak Mengenai Fasilitas Nuklir Fukushima

Operator pembangkit nuklir Fukushima, TEPCO, mengatakan bahwa fasilitas mereka yang meleleh setelah tsunami 2011, tidak menunjukkan kelainan apapun setelah gempa berakhir.

Jepang terletak di cincin api Pasifik, tempat aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Negara ini kerap dilanda gempa, serta memiliki peraturan kontruksi yang ketat, dimaksudkan untuk memastikan bangunan dapat menahan getaran yang kuat.

Pada Maret 2021, gempa bumi magnitudo 7,2 melanda pantai timur laut Jepang. Pada saat itu, otoritas Jepang mengeluarkan peringatan tsunami, tetapi tidak ada kerusakan apapun di pantai tersebut.

Wilayah itu juga diguncang oleh gempa kuat lainnya di bulan Februari yang melukai puluhan orang. Ahli meteorologi mengatakan guncangan itu adalah gempa susulan dari gempa 2011.

Walaupun jaraknya cukup jauh, tetapi memang seringkali hal itu terjadi, sehingga membuat kita harus senantiasa berhati-hati, ketika akan mengunjungi wilayah yang pernah mengalami gempa sebelumnya.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *