BEI: Kapitalisasi Pasar Saham Emiten BUMN Naik 105 Persen

  • Whatsapp
BEI Kapitalisasi Pasar Saham Emiten BUMN Naik 105 Persen

Hercules99 – Saham, Inarno Djajadi, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, pasar modal syariah mengalami pertumbuhan signifikan.

Pasar modal syariah dalam satu dekade terakhir meningkat hingga  84 persen, peningkatan ini lebih tinggi dari peningkatan total jumlah saham tercatat sebesar 65 persen.

Read More

Peningkatan juga terjadi pada rata-rata nilai transaksi harian sebesar 8,16 persen per tahun, yaitu dari Rp.2,41 triliun per hari pda 2011, menjadi Rp.8,54 triliun per hari pada Maret 2021.

Inarno mengungkapkan, BEI juga mencatat saham-saham BUMN dan afiliasinya merupakan penggerak Pasar Modal Indonesia. Sejumlah 34 Perusahaan Tercatat BUMN dan afiliasinya memiliki porsi kapitalisasi pasar sebesar 24 persen dari total kapitalisasi pasar BEI.

Selain itu, pada tahun 2020, nilai transaksi saham BUMN tersebut juga memiliki porsi 37 persen dari total nilai transaksi di BEI. Hal ini dicatatkan pula bahwa terjadi peningkatan kapitalisasi pasar.

Dalam 10 tahun terakhir, kapitalisasi pasar BUMN dan afiliasinya meningkat 10 persen dari Rp.817 triliun padaa 2011 menjadi Rp.1.677 triliun hingga 27 April 2021.

Sementara itu, yang memanfaatkan syariah online juga meningkat dalam 5 tahun terakhir, yakni tumbuh 4.908 investor di tahun 2015 menjadi 93.870 pada Maret 2021 atau meningkat 1.813 persen.

Strategi OJK Kembangkan Pasar Modal Syariah Indonesia

Sebelumnya, meski jumlah investor meningkat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan bila literasi di pasar modal syariah masih menjadi pekerjaan rumah atau PR.

Salah satu cara yang dilakukan OJK untuk meningkatkan minat investor sepanjang 2020 ialah mengoptimalkan media sosial. Hal ini ternyata mampu meningkatkan literasi dan inklusi di pasar modal syariah.

Selain itu, salah satu upaya yang dilakukan ialah melakukan acara secara online dengan dosen universitas, sehingga pemahaman terkait pasar modal bisa disampaikan dengan baik kepada para mahasiswa.

OJK juga akan melakukan survei untuk mengetahui lebih detail wilayah mana saja yang memiliki potensi besar terhadap pasar modal, tetapi tak memiliki pengetahuan dan infrastruktur memadai.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *