Sambil Nunggu Waktu Buka Puasa, Simak Perawatan Motor yang Bisa Dilakukan Sendiri Ini

  • Whatsapp
Simak Perawatan Motor yang Bisa Dilakukan Sendiri Ini

Hercules99Otomotif, Bagi yang hobi mengutak-atik kendaraan, aktivitas itu bisa menjadi momen terbaik sambil menunggu waktu berbuka puasa. Bonus dari kegiatan ini adalah cara mudah untuk tetap menjaga performa motor, demi mendukung kelancaran aktivitas.

M.Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan bahwa, di bulan puasa ini, pihaknya menyarankan agar konsumen selalu mengecek sepeda motor masing-masing.

Read More

Hal ini penting dilakukan agar tidak ada problem yang terlewat, karena akan berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Berikut panduan pengecekan motor yang bisa dilakukan oleh konsumen Yamaha:

Cek Bahan Bakar

Pastikan kondisi bahan bakar melalui indikator speedometer bahan bakar. Apabila motor jarang digunakan, sebaiknya tangki bahan bakar kondisi full tank untuk menghindari terjadinya penguapan.

Sekalian cek juga apakah ada kebocoran dari bahan bakar, seperti adanya bau bahan bakar di sekitar motor, dan lainnya.

Cek Oli Mesin

Gunakan stik oli mesin, untuk mengecek apakah level oli di mesin masih di dalam batas normal. Lalu, cek juga apakah ada kebocoran oli di sekitar motor atau tidak.

Cek Sistem Pengereman

Kemudian, cek juga sistem pengereman dengan menekan tuas rem. Apakah masih berfungsi dengan normal dan pastikan bahwa lampu rem belakang menyala.

Perhatikan pula level minyak rem, melalui celah intip reservoir atau tempat penampung minyak rem, pastikan  berada di dalam batas normal.

Throttle (Gas)

Pastikan memutar throttle dengan lembut dan tidak ada kesan terhambat atau nyangkut. Sebab, hal ini bisa membahayakan saat sedang berkendara.

Perhatikan Ban Motor

Pastikan alur masih dalam keadaan batas normal dengan melihat tanda keausan dari ban juga fisiknya.

Ban dengan keausan yang sudah lewat batas akan membahayakan saat berkendara, karena daya traksi ban berkurang.

Indicator dan Signal

Pastikan semua signal indikator dan lampu menyala, seperti laampu depan, lampu belakang, lampu sein, serta klakson, bisa berfungsi dengan baik.

Pengecekan sejumlah bagian penting dari sepeda motor itu, kini dapat dilakukan dari rumah. Hal ini dilakukan dengan tujuan membantu, apabila terdapat kendala yang harus diantisipasi.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *