Cara Pilih Produk Investasi Bagi Perempuan Biar Cermat Atur Keuangan

  • Whatsapp
Cara Pilih Produk Investasi Bagi Perempuan Biar Cermat Atur Keuangan

Hercules99 – Saham, Banyak perempuan dituntut untuk selalu kuat dan tangguh dalam kondisi apapun. Beragam profesi pun dijalani, mulai dari guru yang menjadi teladan bagi anak-aanak, sampai jadi manajer keuangan di rumah tangga.

Walau tidak ada ketentuan tertulis, tetapi pada umumnya perempuan dituntut untuk pintar mengelola keuangan rumah tangga.

Read More

Dikutip dari laporan statistik Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK tahun 2019 terhadap 12.773 responden di 34 provinsi Indonesia, indeks literasi keuangan perempuan Indonesia 36,13%.

Hasil indeks itu masih kalah dengan literasi keuangan kaum laki-laki 39,94%. Demikian pula pada indeks inklusi keuangan, perempuan 75,15%, masih sedikit di bawah laki-laki, yaitu 77,24%.

Memahami Prinsip Kelola Keuangan Dasar

Dalam pengelolaan keuangan, yang terpenting adalah memahami prinsip pengelolaan keuangan dasar, dalam hal ini adalah mencatat keuangan, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran.

Catatan keuangan akan membuat pengelolaan keuangan rumah tangga menjadi lebih terkendali. Pengeluaran terkait keperluan wajib dan konsumtif akan tercatat, sehingga bisa dianalisa, pengeluaran mana yang lebih banyak, apakah keperluan wajib atau konsumtif.

Catatan keuangan diharapkan menjadi solusi agar pengeluaran konsumtif bisa berkurang, sehingga rumah tangga bisa menyisihkan sebagian dana untuk beragam kebutuhan jangka menengah serta panjang.

Simpan Uang Ditempat Aman

Hindari menyimpan uang banyak di rumah, karena rawan tindakan kriminalitas, termakan rayap dan meniadakan peluang untuk meningkatkan kekayaan.

Kalau tidak nyaman dengan investasi risiko tinggi, maka bisa memanfaatkan reksadana pasar uang yang memiliki tingkat risiko rendah.

Pilihan produk reksadana salah satunya adalah reksadana Manulife Dana Kas II, atau jika ingin sesuai prinsip syariah, bisa memilih produk reksadana pasar uang syariah Manulife.

Adapun reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham lebih sesuai untuk pribadi yang memiliki profil risiko moderat atau agresif dengan orientasi investasi jangka menengah sampai panjang.

Apabila tidak ingin meninggalkan rumah di masa pandemi, bisa juga memanfaatkan fintech atau marketplace reksadana yang menawarkan kemudahan serta kenyaman akses ke produk reksadana melalui jaringan internet.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *