Peringati Hari Bumi 2021: PBB Ajak Negara di Dunia Hentikan Perang Melawan Alam

  • Whatsapp
Peringati Hari Bumi 2021 PBB Ajak Negara di Dunia Hentikan Perang Melawan Alam

Hercules99 – Internasional, PBB atau Perserikatan Bangsa Bangsa turut memperingati Hari Bumi 2021 atau International Mother Earth Day yang jatuh pada 22 April. PBB berkata bahwa merusak alam sama saja dengan bunuh diri.

Antonio Guterres, Sekretarias Jenderal PBB berkata, planet bumi kini sudah mencapai batasnya. Sebab, umat manusia terus menerus melakukan penganiayaan terhadap alam.

Read More

Dilansir dari UN News, pada Kamis, 22 April 2021, Guterres mengatakan, kita dengan gegabah merampas sumber daya bumi, menghabisi kehidupan alam liar, dan memperlakukan udara, tanah, air, seperti tempat pembuangan. Ekosistem itu penting dan rantai makanan, kini sedang didorong menuju keruntuhan.

Guterres menambahkan, ini sama halnya dengan bunuh diri. Ia mengajak semuanya harus mengakhiri perang melawan alam dan merawatnya agar kembali sehat.

Sekjen Guterres meminta agar ada aksi iklim yang berani mencegah naiknya temperatur global menjadi 1,5 derajat celcius. Ia turut mendorong adanya langkah lebih tegas untuk melindungi biodiversitas.

UNEP alias UN Environment Programme, turut memberikan sorotan terkait butuhnya ekonomi yang lebih sustainable agar bisa menguntungkan manusia serta planet itu sendiri.

Sekjen Guterres berkata, pandemi Covid-19 bisa menjadi peluang untuk bangkit dengan ekonomi yang lebih hijau.

Ia menjelaskan, pada International Mother Earth Day, marilah kita semua berkomitmen pada kerja keras untuk memulihkan planet tempat tinggal kita dan mulai berdamai dengan alam.

Perjanjian Lingkungan Paris Agreement

Selain masalah covid-19, UNEP mencatat terjadinya kebakaran hutan di Australia dan serangan belalang di Kenya.

Itu terjadi karena darurat iklim makin intensif, transisi menuju stabilitas iklim pun semakin kritis.

UNEP menekankan pentingnya kontribusi dunia terhadap perjanjian lingkungan Paris Agreement. UNEP telah mengembangkan Climate Acton Note untuk menunjukan progres global dalam memenuhi perjanjian tersebut.

UNEP menjelaskan bahwa progres itu akan tergantung pada negara-negara dan kemampuan mereka untuk melaksanakan komitmen di bawah Paris Agreement.

Kemudian, melakukan kontribusi bersama untuk menjaga rata-rata temperatur global di bawah 2 derajat celcius.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *