Soal Wacana Reshuffle Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin, Sejumlah Pihak Langsung Beri Tanggapan

  • Whatsapp
Soal Wacana Reshuffle Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin, Sejumlah Pihak Langsung Beri Tanggapan

Hercules99 – Politik, Kabar reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin mulai ramai terdengar belakangan ini.

Sejumlah pihak langsung memberi tanggapan, salah satunya Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan. Ia menyebut, hanya Jokowi yang tahu soal reshuffle kabinet.

Read More

Adanya isu reshuffle kabinet ini menguat usai DPR menyetujui peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), serta pembentukan Kementerian Investasi.

Sementara itu, Pratikno, Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg), memastikan bahwa pada hari Kartini ini, Rabu, 21 April 2021, tidak ada kegiatan reshuflle kabinet.

Berikut ini sejumlah tanggapan dari berbagai pihak terkait kabar reshuffle kabinet Jokowi.

Politikus PKB Beri Tanggapan Reshuffle Kabinet Segera Dilakukan

Lukman Hakim, politikus PKB , menduga reshuffle PKB akan dilakukan pada Rabu, 21 April 2021. Menurutnya, hal ini seperti kebiasaan Presiden Jokowi Widodo.

Dia pun berharap, pemerintah termasuk Jokowi segera memberikan kepastian akan ada reshuffle kabinet atau tidak. Dan sebaiknya disampaikan secara terbuka kepada publik. Pasalnya, jika dibiarkan berlarut-larut akan mempengaruhi kinerja menteri.

Luqman pun membocorkan inisial nama menteri yang bakal dicopot Presiden Jokowi. Dia hanya menyebut inisial menteri tersebut. Dirinya enggan mengatakan partai mana atau adakah nama lain yang akan digeser oleh Jokowi.

Tanggapan Partai Demokrat

Demokrat tetap memastikan berada di luar pemerintahan, setelah ada wacana reshuffle kabinet yang semakin berhembus kencang.

Herzaky Mahendra Putra, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat menyatakan, hal ini sejalan dengan pernyataan ketum partai, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dia menyebut, demokrat akan menjadi pengawas pemerintah dan menjadi penyeimbang.

Kata Jubir Jokowi Terkait Resshufle Kabinet

Fadjroel Rachman, Juru Bicara Presiden Joko Widodo, buka suara terkait isu reshuffle kabinet yang ramai diperbincangkan.

Dia mengatakan, Jokowi akan menunjuk sosok yang mampu mengisi Kementerian Investasi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbud-Ristek).

Kendati begitu, dia mengaku tak mengetahui kapan dan siapa sosok yang akan mengisi dua Kementerian tersebut. Termasuk, soal kepastian apakah Mendikbud Nadiem Karim akan ikut reshuffle atau justru menjabat jadi Menteri Dikbud-Ristek.

Pernyataan Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan

Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan, menyebut bahwa reshuffle kabinet hanya diketahui oleh Jokowi semata.

Dia pun tak memilih jawaban lain soal wacana reshuffle kabinet. Pria yang bersinggungan dengan partai Demokrat ini, tetap menegaskan bahwa itu adalah urusan Presiden Jokowi.

Mensesneg dan Seskab: Tak ada Reshuffle

Menteri Sekretariat Negara, Pratikno memastikan tidak ada reshuffle kabinet yang dilakukan pada Rabu, 21 April 2021, oleh presiden Joko Widodo.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Pramono Anung, Sekretariat Kabinet, bahwa Jokowi akan melangsungkan kunjungan kerja ke Jawa Barat, pada hari Rabu tersebut.

Kendati begitu, baik Pratikno dan Pramono enggan menyebutkan kapan reshuffle kabinet akan dilakukan oleh Jokowi, apakah sebelum atau sesudah lebaran 2021.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *