Pandangan Andien Tentang Hari Kartini: Bukan Hanya Sekadar Kebaya dan Perayaan, Namun Ada Makna Mendalam

  • Whatsapp
Pandangan Andien Tentang Hari Kartini Bukan Hanya Sekadar Kebaya dan Perayaan, Namun Ada Makna Mendalam

Hercules99 – Artis, Andien menjadi salah satu dari finalis dalam Talk Show acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia. Di acara tersebut, Andien ditunjuk sebagai selebritas serta penyanyi yang mewakili Ibu Zaman Now.

Pada kesempatan itu, Andien mengungkapkan pandangannya mengenai hari Kartini. Menurutnya, Kartini tidak hanya sebatas perayaan dan kebaya saja.

Read More

Ia mengungkapkan bahwa, ketika berbicara mengenai hari Kartini, pasti memiliki arti yang lebih luas, dari apa yang telah di enyam dari kecil. Jadi, bukan hanya sebatas kebaya dan perayaan saja, tetapi lebih masuk ke makna yang mendalam.

Makna Hari Kartini Secara Mendalam

Andien menambahkan, ia yakin bahwa yang ia lihat seperti gunung es di permukaan, membuat semuanya harus tahu apa yang melandasi Ibu Kartini berbuat seperti itu.

Maksudnya adalah, Kartini memiliki kemauan yang besar, mampu berjuang dengan hebat, dan perjuangan lainnya yang melatarbelakangi itu semua.

Perempuan Adalah Pilar dari Sebuah Keluarga

Dari situ, Andien kemudian mengajak masyarakat untuk merefreksikan latar belakang dan semangat yang sama dengan Raden Ajeng Kartini, ke kehidupan saat ini.

Setidaknya, setiap perempuan mampu berperan untuk membuat hal positif di kehidupan, serta bagi orang-orang terdekatnya.

Ia mengatakan, perempuan adalah pilar dari sebuah keluarga. Lalu, ia menambahkan, bahwa keluarga merupakan unit terkecil yang bisa dirawat dan diasuh. Kemudian, berkembang ke masyarakat, bangsa, juga negara.

Kenali Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Namun sebelum itu, yang tak kalah penting juga adalah bagaimana seorang perempuan harus bisa mengenal dan mengasuh lebih dulu dirinya sendiri. Baik itu dari segi kesehatan, maupun dari segi fisik serta jiwanya.

Andien memaparkan, saat berbicara tentang Hari Kartini, semuanya tidak jauh dari bagaimana seorang perempuan bisa me-nurture (mengasuh) keluarganya.

Perempuan yang mampu mengasuh keluarganya adalah perempuan yang aware, sangat mindful, dan bisa mengasuh dirinya sendiri, sebelum keluarganya.

Memperhatikan diri sendiri disini, tambah Andien, seperti memperhatikan kesehatan, jiwa, serta fisik. Lalu, bagaimana dia bisa mengambil skala prioritas di dalam kesehariannya, kemudian menciptakan balance life dalam kehidupan sehari-hari.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *