Kategori Kartini di Industri Sinema Indonesia

  • Whatsapp
Kategori Kartini di Industri Sinema Indonesia

Hercules99 – Hiburan, Peringatan hari Kartini jatuh setiap tanggal 21 April. Indonesia memiliki sederet Kartini yang membuat industri sinema dalam negeri lebih berwarna, bahkan mampu dikenal dunia.

Mulai dari Mira Lesmana yang kerap mengeksplorasi banyak kawasan di Indonesia, hingga Mouly Surya yang dikenal lewat film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.

Read More

Mira Lesmana

Mira Lesmana merupakan produser yang memulai karirnya di perusahaan periklanan. Ia mendirikan Miles Productions bersama Riri Riza yang berhasil memproduksi film sukses di Indonesia.

Beberapa film hasil garapannya yaitu, Petualangan Sherina, Ada Apa dengan Cinta, Gie, Garasi, Tiga Hari untuk Selamanya, Laskar Pelangi, Bebas dan masih banyak lagi.

Upi Avianto

Upi Avianto merupakan penulis sekaligus sutradara sederet film hit Indonesia, sejak 2000-an hingga kini. Upi merupakan otak dari film-film hit dengan berbagai genre di Indonesia, seperti 30 Hari Mencari Cinta (2004), Realita, Cinta, dan Rock n’ Roll (2006), Radit & Jani (2008), hingga My Stupid Boss 1 dan 2 (2016&2019).

Di tahun ini, Upi dikabarkan sedang menyiapkan film Sri Asih dan sudah masuk tahap post-production. Dalam film tersebut, dirinya bertugas sebagai penulis sekaligus sutradara.

Gina S. Noer

Ginatri S. Noer atau dikenal dengan nama Gina S. Noer merupakan seorang penulis, sutradara, sekaligus produser. Dua Garis Biru (2019) merupakan film debutnya sebagai sutradara.

Film tersebut telah mengumpulkan lebih dari 2,5 juta penonton, serta meraih penghargaan sejumlah festival film di Indonesia.

Di Festival Film Indonesia 2019, Gina berhasil mencetak sejarah karena menjadi penulis skenario pertama Indonesia yang mendapatkan piala Penulis Skenario Asli Terbaik dan Penulis Skenario Adaptasi Terbaik sekaligus, pada tahun yang sama.

Mouly Surya

Nama Mouly Surya semakin mendunia sejak ia menulis dan mengarahkan pembuatan film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak.

Kini, film itu sudah melanglang buana di luar negeri, hingga menjadi perwakilan Indonesia dalam Oscar, walau tak berhasil masuk daftar pendek.

Namun, Mouly Surya sudah aktif sebagai sutradara dan penulis sejak 2008, ketika merilis film fiksi. Bahkan, ia juga menjadi penulis film komedi, Kambing Jantan: The Movie.

Selain itu, ia merupakan seorang kreator film Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta, serta film Perang Kota. Di tahun 2020 kemarin, Mouly dipercaya untuk mengarahkan film laga thriller, Trigger Warning, yang dibintangi oleh aktris Hollywood Jessica Alba.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *