30 Juta Pelaku UMKM Terpaksa Gulung Tikar Selama PSBB

  • Whatsapp
30 Juta Pelaku UMKM Terpaksa Gulung Tikar Selama PSBB

Hercules99 – Ekonomi, Kebijakan PSBB atau Pembatasan Sosiala Berskala Besar, telah menjadi penyebab utama ambruknya bisnis UMKM selama pandemi covid-19.

Kebijakan yang dikeluarkan demi mencegah penularan virus covid-19 ini mampu menghentikan mobilitas manusia yang menjadi pasar utama pelaku UMKM, khususnya di Jakarta. Setidaknya, ada 30 juta pelaku UMKM yang terpaksa gulung tikar.

Read More

Ikhsan Ingratubun, Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), dalam Dialog Rabu Utama: Geliat Transaksi Setelah Vaksinasi, di Jakarta, pada Rabu, 21 April 2021, mengatakan bahwa PSBB ini berhasil menjatuhkan UMKM. Bahkan, ada sekitar tiga puluh juta UMKM diketahui bangkrut.

Seiring berjalannya waktu, kebijakan PSBB mulai dievaluasi dan dilakukan perbaikan. Hingga saat ini, kebijakan tersebut telah berganti menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Manusia (PPKM) dengan skala tertentu.

Namun, Ikhsan Ingratubun tidak ingin menyalahkan pihak manapun. Sebab, kebijakan tersebut diambil dalam keadaan genting dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Pemerintah Berusaha Mengembalikan Keadaan

Setelah satu tahun pandemi berlalu, Ikhsan mengatakan Pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk mengembalikan keadaan.

Salah satunya dengan vaksinasi massal yang dilakukan secara bertahap kepada tenaga kesehatan, TNI dan Polri, berbagai instansi pemerintah, hingga orang lanjut usia (lansia).

Keberhasilan penanganan tersebut pun sudah tercermin dari kepadatan yang terjadi di kota-kota besar, seperti DKI Jakarta.

Kemacetan menjadi indikator masyarakat yang sudah berani keluar rumah dan beraktivitas seperti biasa.

Ikhsan mengungkapkan, keberhasilan pemerintah ini sudah terlihat di perkotaan seperti DKI. Keadaan sekarang sudah mulai macet kembali, bahkan masyarakat sudah berani datang ke pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Suasana sekitar sudah kembali seperti biasa, hal ini memungkinkan pemulihan ekonomi bisa dilakukan dengan baik, termasuk para pelaku UMKM yang mesti bisa bangkit kembali.

Apalagi sekarang sudah ada teknologi canggih, dimana pelaku UMKM bisa memasarkan produk mereka secara online atau digital, untuk mendapatkan banyak pembeli secara luas di seluruh Indonesia.

Dengan begitu, ekonomi nasional diharapkan bisa lebih baik lagi, pasca pandemi yang membuat semuanya terasa berat.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *