Sambil Nunggu Buka Puasa, Pelajari Cara Setel Kopling Motor Ini

  • Whatsapp
Sambil Nunggu Buka Puasa, Pelajari Cara Setel Kopling Motor Ini

Hercules99 – Otomotif, Bagi pemilik sepeda motor dengan jenis transmisi manual, bisa melakukan pengecekan sistem kopling pada motor, sambil ngabuburit alias nunggu buka puasa.

Biar kopling tetap dalam kondisi prima serta bisa bekerja dengan sempurna, maka perlu lakukan perawatan kopling motor dengan pemeriksaan dan penyetelan secara berkala.

Read More

Langkah pertama, bisa dilakukan dengan memastikan jarak main bebas pada handle kopling harus selalu berada pada kisaran 10-20 mm.

Anda bisa melakukan penyetelan dengan cara melonggarkan mur pengunci. Kemudian, putar mur penyetel sampai dapat standar jarak main bebas yang diinginkan. Terakhir, kencangkan mur pengunci itu lagi.

Untuk pemeriksaan bagian sistem kopling juga bisa dilakukan dengan menggunakan feeling sendiri.

Apabila kopling sudah berada di setelan yang normal, maka gejala yang ditimbulkan adalah saat Anda melakukan perpindahan gigi.

Jika kopling sudah disetel dengan jarak bebasnya, maka performa kopling akan lebih mulus, serta tidak memungkinkan terjadinya slip.

Perlu Diketahui, Kopling Tidak Maksimal Bisa Pengaruhi Performa Pelumas

Namun, jika kopling sudah aus, gejala yang akan ditimbulkan adalah, mulai dari saat melakukan perpindahan gigi tidak bisa dilakukan dengan mulus, atau saat akselerasi terasa selip.

Achmad, menakin bengkel dias motor, Kebon Jeruk, mengatakan bahwa, efek lainnya jika kopling sudah tidak maksimal ialah, sepeda motor terasa kurang tenaga. Bahkan, oli mesin jadi cepat berubah warna atau kotor.

Setelah melakukan penyetelan kopling, lakukan pemeriksaan dengan meletakkan kendaraan dalam keadaankondisi standar tengah.

Kemudian, hidupkan mesin, lalu tekan handle kopling, serta masukkan ke gigi 1 dan lakukan pemeriksaan roda belakang sepeda motor.

Kopling motor yang normal adalah, ketika kopling di tekan penuh, roda belakang tidak akan berputar ketika gas dipuntir dalam keadaan masuk gigi.

Sedangkan, saat kopling ditekan setengah, roda belakang mulai berputar secara perlahan. Lalu, ketika kopling dilepas penuh, roda belakang akan berputar seperti biasanya.

Cara setel kopling motor di atas memang perlu diketahui, terutama bagi para pecinta kopling.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *