Jangan Diabaikan, Ini Bagian Mobil yang Rentan Terkena Air Hujan

  • Whatsapp
Jangan Diabaikan, Ini Bagian Mobil yang Rentan Terkena Air Hujan

Hercules99 – Otomotif, Hujan akhir-akhir ini masih sering terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi seperti itu, tentunya harus menjadi perhatian ekstra bagi pemilik mobil agar kendaraannya tetap terjaga dan aman saat berkendara.

Pastinya, jangan sampai mobil didiamkan begitu saja saat musim penghujan, walaupun kendaraan jarang dipakai.

Read More

Justru, jika terlalu lama didiamkan tanpa pengecekan, lalu dibiarkan terkena air hujan, maka bisa membuat kerusakan pada sejumlah komponen.

Kalau sudah begitu, pemilik roda empat harus mengeluarkan biaya tak terencana untuk perbaikan komponen atau penggantian sparepart.

Air Hujan Dapat Menimbulkan Piringan Cakram Menjadi Karat

Membiarkan mobil terparkir kena hujan bisa menjadikannya timbul karat, pada bagian piringan cakramnya. Sebenarnya, hal ini tak perlu dikhawatirkan, kalau pemilik mobil segera menyadarinya.

Sebab, untuk mengatasi ini cukup mudah. AutoFamily hanya perlu membawa mobil jalan normal agar titik-titik karat bisa hilang. Yang bahaya adalah ketika mobil dibiarkan kehujanan terus, maka karat akan semakin menebal.

Bilah Wiper Jadi Cepat Getas

Cuaca hujan yang berkepanjangan, lalu tiba-tiba timbul panas yang terik, bisa mempercepat getasnya bilah wiper.

Hal itu wajar saja terjadi, karena bilah wiper terbuat dari karet bisa timbul sifat getas, kalau mengalami kondisi panas secara berulang-ulang. Apalagi jika karet wiper sudah berusia cukup tua, maka sebaiknya segera diganti.

Emblem body Akan Memperburuk Penampilan

Walau terlihat sepele, namun jika dibiarkan bisa memperburuk tampilan mobil yang dimiliki. Itulah yang bisa terjadi pada bagian emblem-emblem yang menempel di body, kalau dibiarkan saat cuaca hujan.

Sisa air hujan yang tertinggal di bagian emblem dapat memicu timbulnya jamur. Maka, setelah hujan habis, sebaiknya ini dikeringkan sampai tuntas, hingga tidak ada air yang tersisa.

Mika Lampu Jadi Jelek

Kalau mobil dibiarkan hujan-hujanan, maka bisa merusak tampilan lampu mobil menjadi jelek. Sebab, lampu mika kusam, ternyata disebabkan oleh air hujan.

Hal ini terjadi karena pada mika lampu terdapat air hujan yang masih menempel. Lalu, berubah menjadi bercak jamur.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *