Spotify: Akses Streaming Diprediksi Menanjak pada Ramadhan 2021

  • Whatsapp
Spotify Akses Streaming Diprediksi Menanjak pada Ramadhan 2021

Hercules99 – Hiburan, Bulan ramadhan 2021 menjadi tahun kedua bagi masyarakat Muslim Indonesia untuk menjalankan ibadah puasa dalam suasana pandemi covid-19. Hal ini ternyata memberikan pengaruh terhadap akses hiburan streaming tanah air.

Setidaknya, ini terlihat dari data yang diungkap oleh Spotify, dalam bulan puasa tahun lalu. Dalam konferensi pers daring yang digelar Senin (12/4), diungkap bahwa pada ramadhan 2020, terdapat lonjakan 26 persen dalam family playlist Spotify Indonesia.

Read More

Ini pun membuat Managing Director Spotify Asia Pasific, Gautam Talwar, menuturkan bahwa tahun ini diperkirakan akan mengalami peningkatan kembali.

Habiskan Waktu Senggang Sambil Dengerin Spotify, Jadi Alasan Prediksi Meningkat

Salah satu tolak ukur dari prediksi ini adalah hasil survey dari platform bernuansa hijau ini. Disebutkan bahwa 50 persen orang Indonesia tidak berencana pulang kampung di akhir puasa.

Selain itu, sekitar 42 persen orang Indonesia selalu berencana menghabiskan waktu senggang kala bulan ramadhan dengan melakukan streaming musik di aplikasi Spotify ini.

Spotify Luncurkan Hub Ramadhan

Merespons dari data ini, akhirnya Spotify meluncurkan Hub Ramadhan, yaitu hasil kurasi dengan menampilkan playlist musik serta podcast yang bisa diakses mulai 12 April 2021.

Bukan hanya itu saja, sejumlah podcaster kondang Indonesia ikut menghadirkan konten khusus terkait Ramadhan yang bisa dinikmati sambil menunggu tiba waktunya berbuka puasa.

Ragam Konten Memukau

Para podcaster yang hadir meramaikan suasana ramadhan di Spotify antara lain, Podkesmas, RAPOT, Makna Talks, BKR Brothers, Kinosgina, Podcast DariTadi, GJLS, Podcast Ancur, hingga Podcast milik Jurnalrisa.

Setiap podcaster masing-masing menampilkan konten berbeda, misalnya RAPOT. Mereka menampilkan sajian audio-sinematik dari empat genre dan sutradara.

Lalu ada Podkesmas yang tetap menampilkan dialog kocak tanpa naskah, tapi khusus di bulan suci Ramadhan, mereka akan mengundang bintang tamu ustadz di bagian akhir segmen.

Yura: Kita Merasa Ditemenin

Yura Yunita ternyata hadir juga dalam konferensi pers ini. Ia mengungkapkan alasan mengapa pendengar semakin tertarik mendengarkan podcast di Spotify karena mereka merasa jadi tidak sendiri alias ada seseorang yang menemani, atau merasakan perasaan mereka masing-masing.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *