Wamendag Ungkap Sektor Jasa Punya Peran Penting Dalam Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp
Wamendag Ungkap Sektor Jasa Punya Peran Penting Dalam Pemulihan Ekonomi

Hercules99 – Ekonomi, Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan mengatakan bahwa terdapat 3 sektor perdagangan jasa yang sangat berperan penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia, akibat dampak pandemi covid-19, salah satunya jasa telekomunikasi.

Hal itu disampaikan sosialisasi persetujuan kerangka kerja Asean di bidang jasa ASEAN Framework Agreement on Service (AFAS) dan persetujuan perdagangan jasa ASEAN Trade on Service (ATISA), di Bekasi, pada Senin (12/4).

Read More

Memang, selama pandemi covid-19 terdapat sektor-sektor jasa yang terdampak kuat dengan adanya pandemi, seperti jasa pariwisata, transportasi dan distribusi.

Wamenag mengungkapkan, sektor jasa yang berperan penting untuk recovery ekonomi yaitu, jasa telekomunikasi, komputer dan jasa infrastruktur seperti jasa keuangan, transportasi, distribusi, hingga logistik.

Menurutnya, moda perdagangan jasa yang paling terdampak pandemi ini adalah yang melibatkan interaksi langsung atau fisik, antara penyedia jasa dan konsumen, yaitu moda 2 atau consumption abroard, serta moda 4 atau movement of natural persons.

Kondisi mendorong penyediaan secara moda 1 alias cross-border supply, seperti online retail, online health, hingga online education.

Wamendag menegaskan perdagangan jasa terbukti meningkatkan perekonomian Indonesia. Untuk itu, diperlukan pembangunan sektor jasa yang menyeluruh dan berkelanjutan, dalam rangka mendukung salah satu visi dan misi RPJMN 2020-2024, yaitu mewujudkan bangsa yang berdaya saing.

Wamendag Jerry menambahkan bahwa, sosialisasi ini penting untuk memastikan dan juga menegaskan beragam manfaat dari hasil perundingan. Sosialisasi itu penting diadakan, khususnya dengan para pengusaha.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan sudah melakukan negoisasi, Indonesia sudah menyelesaikan 22 perundingan perdagangan.

Wamendag: Pelaku Sektor Jasa Bisa Bertahan dan Kembali Pulih

Kendati begitu, Wamendag menegaskan, meskipun sektor jasa terdampak, namun dengan adanya perundingan perdagangan jasa bisa membantu dan mendorong para pelaku sektor jasa untuk tetap bertahan serta pulih kembali.

Adapun manfaat dari perundingan perdagangan jasa, yaitu pertama, adanya peningkatan kesabaran atas pentingnya kontribusi sektor jasa dalam perekonomian negara, dan mendorong usaha untuk membangun sektor jasa.

Kedua, pembangunan sektor jasa dilakukan melalui usaha pemerintah serta pelaku bisnis. Lalu ketiga, pelaku bisnis bidang jasa akan secara aktif memasuki pasar domestik atau pun internasional.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *