Tips Beli Motor Sport Bekas yang Aman, Jangan Sampai Menyesal

  • Whatsapp
Tips Beli Motor Sport Bekas yang Aman, Jangan Sampai Menyesal

Hercules99 – Otomotif, Membeli motor sport bekas merupakan salah satu alternatif mendapatkan motor impian dengan harga terjangkau. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar tidak mendapatkan kendaraan roda dua yang ternyata kondisinya sudah tidak layak.

Setidaknya, ada lima tips beli motor sport bekas yang bisa diketahui, yaitu sebagai berikut.

Read More

5 Tips Membeli Motor Sport Bekas, Dijamin Aman

Cek Bagian Mesinnya

Mengecek bagian mesin ini merupakan tips paling penting saat ingin membeli motor bekas. Periksalah apakah motor sport impian itu terdapat rembesan oli atau tidak di bagian mesinnya.

Kalau terdapat rembesan oli dari blok mesin, itu menandakan jika karet sil-nya sudah tidak berfungsi baik. Selain itu, bisa saja terdapat komponen lain yang retak atau pecah. Apabila terlihat ada rembesan oli pada motor tersebut, sebaiknya jangan memilih motor itu.

Kemudian, untuk mengecek mesin masih bagus atau tidak, calon pembeli bisa menghidupkan motor, lalu dengarkan dengan seksama apakah ada bunyi aneh atau tidak.

Kalau ada suara mesin aneh di sekitar head silinder, itu berarti terdapat klep yang mulai renggang atau rantai keteng yang sudah muai kendur.

Akan tetapi, jika bunyi mesin berada di bagian tengah mesin, calon pembeli patut berhati-hati, kemungkinan besar komponen di bearing kruk as sudah renggang atau stang pistonya mulai kena.

Cek Spido Meter

Tips ini dilakukan dengan cara lihat STNK motor untuk mengetahui penghitungan jarak tempuh pada spido meter.

Apabila motor sudah berusia lebih dari 3 tahun, tapi jarak tempuh yang ada di spido meter hanya puluhan ribu, maka patut dicurigai.

Seandainya motor benar-benar sehat, biasanya kendaraan roda dua itu memiliki panel meter, lampu-lampu indikator masih menyala normal, seperti petunjuk bbm, serta penghitung jarak tempuh.

Cek Kelistrikan Motor

Kelistrikan motor sangat penting dalam kendaraan roda dua. Jika kelistrikannya tidak bagus, maka calon pembeli akan mengeluarkan banyak biaya nantinya.

Lakukan pemeriksaan mulai dari lampu depan, lampu belakang, serta lampu sein. Apalagi sekarang banyak motor yang menggunakan LED. Jika kelistrikannya tidak ada masalah, maka lampu LED jarang putus.

Kalau lampunya ternyata sudah diganti, alias bukan lagi lampu LED atau standar, maka calon pembeli harap waspada.

Lakukan Test Ride

Dengan test ride, calon pembeli bisa mengetahui kualitas dari motor sport bekas yang akan ia beli. Lakukan percobaan pemindahan gigi, hingga menarik kopling. Kalau perpindahan transmisi itu terasa sulit atau keras, bisa jadi kampas koplingnya sudah mulai habis.

Cek bagian Kaki Motor

Untuk tips ini, silakan lakukan percobaan menggunakan motor di jalan rusak dan melibasi polisi tidur. Disini dapat diketahui, apakah sok motor masih dapat meredam dengan normal atau sudah mati.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *